Tes Kolesterol Dan Trigliserida (Pemeriksaan Profil Lipid)

Definisi

Apa itu tes kolesterol dan trigliserida (pemeriksaan profil lipid)?

Tes kolesterol dan trigliserida adalah tes darah yang digunakan untuk mengukur jumlah total zat lemak (kolesterol dan trigliserida) dalam darah.

Kolesterol bergerak melalui darah dan melekat pada protein. Kolesterol dan protein ini disebut dengan lipoprotein. Analisis lipoprotein (profil lipoprotein atau profil lipid) mengukur kadar darah dari jumlah kolesterol, LDL kolesterol, HDL kolesterol, dan trigliserida.

  • Kolesterol. Tubuh menggunakan kolesterol untuk membantu membangun sel-sel dan memproduksi hormon. Terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat menumpuk di dalam arteri, membentuk plak. Plak dalam jumlah besar meningkatkan risiko terserang serangan jantung atau stroke.
  • HDL (high-density lipoprotein) membantu membuang lemak dari tubuh dengan mengikatnya pada aliran darah dan membawanya kembali ke hati untuk dikeluarkan. Terkadang ini disebut sebagai kolesterol “baik”. Tingkat HDL yang tinggi erat hubungannya dengan risiko rendah penyakit jantung.
  • LDL (low-density lipoprotein) membawa kebanyakan lemak dan hanya sejumlah kecil protein dari hati ke bagian tubuh lainnya. Tingkat LDL tertentu dalam darah adalah normal dan sehat karena LDL memindahkan kolesterol ke bagian tubuh lain yang membutuhkan. Tetapi, terkadang disebut kolesterol “buruk” karena dalam tingkat yang tinggi dapat berisiko terjadinya penyakit jantung.
  • VLDL (very low-density lipoprotein) mengandung sedikit protein. Tujuan utama VLDL adalah untuk mendistribusikan trigliserida yang diproduksi oleh hati Anda. Kolesterol VLDL dalam jumlah tinggi dapat mengakibatkan penumpukan kolesterol dalam arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Trigleserida adalah jenis lemak tubuh yang digunakan untuk menyimpan dan memberikan energi pada otot. Hanya terdapat dalam jumlah yang sedikit pada darah. Memiliki tingkat trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan peluang risiko penyakit jantung yang lebih tinggi dibandingkan dengan memiliki tingkat LDL tinggi

Kapan saya harus menjalani tes kolesterol dan trigliserida (pemeriksaan profil lipid)?

Disarankan untuk melakukan profil lipid setiap lima tahun sebagai bagian dari pemeriksaan rutin medis Anda. Profil lipid memeriksa kolesterol Anda, HDL, LDL, dan tingkat trigliserida. Bila Anda melakukan pengobatan untuk tingkat trigliserida tinggi, tes ini akan lebih sering dilaksanakan agar dokter dapat memantau sejauh mana pengobatan Anda bekerja. Bila Anda menderita diabetes, sangat penting untuk memantau tingkat trigliserida Anda secara teratur karena trigliserida akan meningkat ketika gula darah tidak terkontrol dengan baik.

Skrining bagi anak-anak dianjurkan bila mereka berada pada risiko tinggi terkena penyakit jantung. Termasuk di dalamnya anak-anak yang keluarganya memiliki riwayat penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, atau kelebihan berat badan. Anak-anak dengan risiko tinggi sebaiknya diperiksa pertama antara usia 2 dan 10 tahun. Anak-anak di bawah usia 2 tahun terlalu muda untuk mengikuti tes.

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani tes kolesterol dan trigliserida (pemeriksaan profil lipid)?

Jika Anda menderita diabetes dan gula darah Anda di luar kendali, trigliserida mungkin akan sangat tinggi. Trigliserida berubah secara drastis dalam respon terhadap makanan, meningkat sebanyak 5 hingga 10 kali lebih tinggi dibandingkan tingkat saat berpuasa hanya beberapa jam setelah makan. Bahkan tingkat trigliserida pada saat berpuasa berbeda setiap harinya. Oleh karena itu, perubahan tingkat trigliserida pada saat berpuasa diukur pada hari-hari yang berbeda tidak dianggap abnormal. Obat tertentu seperti kortikosteroid, inhibitor protease HIV, beta blockers, dan estrogen dapat meningkatkan kadar trigliserida darah.

Ada peningkatan minat dalam mengukur trigliserida pada orang yang belum berpuasa. Alasannya adalah bahwa sampel non-puasa mungkin lebih mewakili daripada tingkat sirkulasi trigliserida yang “biasa” karena pada kebanyakan hari, tingkat lipid darah lebih merefleksikan tingkat pasca-makan (post-prandial) dibandingkan dengan tingkat saat berpuasa. Namun, belum bisa dipastikan bagaimana menafsirkan tingkat non-puasa untuk mengevaluasi risiko sehingga, saat ini, tidak ada perubahan dalam rekomendasi untuk berpuasa sebelum mengikuti tes tingkat lipid.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani tes kolesterol dan trigliserida (pemeriksaan profil lipid)?

Persiapan bergantung pada jenis tes yang Anda ikuti. Anda mungkin perlu atau tidak untuk berpuasa terlebih dahulu.

  • bila dokter Anda memberitahu Anda untuk berpuasa sebelum tes, jangan makan dan minum apapun kecuali air mineral selama 9 hingga 12 jam sebelum darah diambil. Biasanya, Anda diizinkan untuk meminum obat Anda dengan air pada pagi hari sebelum pemeriksaan. Puasa tidak selalu dibutuhkan, tetapi bisa dianjurkan
  • jangan makan makanan lemak tinggi di malam hari sebelum tes
  • jangan minum-minuman alkohol atau olahraga berlebih sebelum tes

Banyak obat yang bisa memengaruhi hasil tes ini. Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda semua obat resep/nonresep, herbal, atau suplemen lain yang sedang Anda gunakan. Beri tahu dokter jika Anda menjalani tes seperti tiroid atau scan tulang yang menggunakan zat radioaktif dalam kurun waktu 7 hari.

Bicarakan dengan dokter, jika Anda memiliki kekhawatiran terkait keperluan untuk tes, risikonya, proses, atau maksud dari hasil tes tersebut.

Bagaimana proses tes kolesterol dan trigliserida (pemeriksaan profil lipid)?

Tenaga medis yang bertugas mengambil darah Anda akan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • melilitkan ikatan elastis di sekitar lengan bagian atas Anda untuk menghentikan aliran darah. Hal ini membuat pembuluh darah di bawah ikatan membesar sehingga memudahkan untuk menyuntikkan jarum ke dalam pembuluh
  • membersihkan bagian yang akan disuntikkan dengan alkohol
  • menyuntikkan jarum ke dalam pembuluh darah. Mungkin diperlukan lebih dari satu jarum.
  • memasangkan tabung ke jarum suntik untuk diisi dengan darah
  • melepaskan ikatan dari lengan Anda ketika pengambilan darah dirasa sudah cukup
  • menempelkan kain kasa atau kapas pada bagian yang disuntik, setelah selesai disuntik
  • memberi tekanan pada bagian tersebut dan kemudian memasang perban

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani tes kolesterol dan trigliserida (pemeriksaan profil lipid)?

Ikatan elastis dililitkan di sekitar lengan bagian atas Anda dan akan terasa ketat. Anda mungkin tidak akan merasakan apa-apa saat disuntik, atau Anda mungkin merasa seperti tersengat atau dicubit. Anda dapat melepas plester dan kapas kira-kira 20 sampai 30 menit kemudian. Anda akan diberi tahu jadwal untuk mendapatkan hasil tes Anda. Dokter akan menjelaskan hasil tes Anda kepada Anda. Anda sebaiknya mengikuti instruksi dari dokter Anda.

Apabila Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan proses tes ini, konsultasikanlah kepada dokter Anda untuk pemahaman yang lebih baik.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Berikut adalah kategori dasar dari hasil tingkat trigliserida dalam miligram per desiliter:

  • puasa, normal: 150 mg/dL
  • di batas tinggi: 150 sampai 199 mg/dL
  • tinggi: 200 hingga 499 mg/dL
  • sangat tinggi: >500 mg/dL

Hipertrigliseridemia adalah istilah medis untuk peningkatan trigliserida dalam darah. Tingkat saat berpuasa dapat berbeda secara normal dari hari ke hari. Trigliserida akan berbeda secara dramatis ketika Anda makan, dan bisa meningkat lima hingga 10 kali lebih tinggi dibandingkan saat berpuasa.

Ketika berpuasa tetapi tingkat trigliserida berada di atas 1000 mg/dL, ada kemungkinan risiko terjadinya pankreatitis. Pengobatan untuk menurunkan tingkat trigliserida harus segera dimulai secepatnya. Bila tingkat trigliserida tinggi, dan kolesterol Anda juga tinggi, kondisi ini disebut hiperlipidemia.

hellosehat.com

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *